Trik Dasar Belajar Photoshop Bagi Pemula

Tips atau trik dasar belajar photoshop bagi pemula – Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan adanya foto-foto yang viral ada di internet. Bahkan orang yang ada dalam foto tersebut menyangkal bahwa gambar tersbut adalah foto mereka. Ada beberapa cara untuk mengenali apakah suatu foto digital itu asli atau telah direkayasa.

Nah, pada artikel tips dan trik kali ini, saya akan membahas cara mempelajari software adobe photoshop bagi Anda seorang pemula dan ingin fokus mendalami bidang desain menggunakan photoshop ini.

 

Cara / Tips Tepat Belajar Photoshop Bagi Pemula

Trik Dasar Belajar Photoshop Bagi Pemula

Perlu diingat jika Anda ingin menjadi mahir menggunakan software photoshop, maupun mahir dalam bidang apapun.

Kuncinya adalah konsisten, selalu belajar, praktek, buku panduan erek erek photoshop dan ulangi terus sampai Anda merasa mahir dan siap untuk menghasilkan karya dan tentunya pundi-pundi rupiah.

Jika Anda masih awam sekali mengenai software adobe photoshop.

Search keyword: belajar desain grafis photoshop, cara belajar photoshop untuk pemula, tutorial photoshop pemula sampai mahir, belajar photoshop untuk pemula, belajar desain photoshop, cara belajar photoshop, cara belajar adobe photoshop, belajar photoshop online, belajar photoshop pemula, belajar photoshop bagi pemula.

 

Tips & Trik Dasar Belajar Photoshop Bagi Pemula

Kuncinya adalah konsisten, selalu belajar, praktek, dan ulangi terus sampai Anda merasa mahir dan siap untuk menghasilkan karya dan tentunya pundi-pundi rupiah.

 

1. Kuasai tampilan awal pada photoshop

Trik Dasar Belajar Photoshop Bagi Pemula

Hal pertama yang perlu Anda kuasai adalah tampilan dari software adobe photoshop ini.

Pertama kali Anda mengakses software adobe photoshop, yang pertama Anda lihat adalah tampilan menu bar pada bagian atas, lalu dibawah menu bar terdapat options bar atau ribbon bar yang berfungsi untuk mengatur fitur yang berkaitan dengan tool.

Kemudian ada tool bar pada bagian sebelah kiri yang tentunya akan sering Anda gunakan, lalu pada bagian sisi sebelah kanan terdapat Panel properties dan layer.

 

2. Kuasai penggunaan tool box di photoshop

Hal kedua yang perlu Anda kuasai sebagai pemula yang ingin belajar photoshop adalah penggunaan dari tool box.

Anda bisa melihat pada bagian sisi sebelah kiri, banyak sekali tool-tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain atau melakukan manipulasi pada gambar.

Di situs ya gampang ini sudah banyak sekali membahas tool-tool tersebut, seperti penggunaan pen tool, lasso tool, brush tool, erase tool, dan berbagai tool yang terdapat pada tool bar tersebut.

Jadi bagi Anda yang ingin mendalami lebih jauh, Anda bisa jelajahi situs ini, dan temukan ilmu-ilmu baru.

3. Kuasai fitur yang ada pada menu bar

Nah untuk bisa menghasilkan karya yang menakjubkan, Anda juga harus fasih dalam menggunakan fitur-fitur menarik yang terdapat pada menu bar.

Seperti merubah tonasi warna, melakukan koreksi warna, merubah pencahayaan, bayangan, kontras, dan berbagi fitur menarik lainnya.

Semua hal itu juga sudah dibahas pada situs ini. Jadi Anda tinggal explore saja fitur-fitur tersebut, dan Anda langsung coba praktekkan.

Maka sedikit demi sedikit Anda akan menguasai fitur-fitur yang ada pada menu bar di photoshop ini.

4. Mencoba membuat desain berdasarkan tutorial

Pada tahap keempat jika Anda sudah fasih dalam tampilan yang ada pada software adobe photoshop, serta bisa menggunakan fitur-fitur yang ada pada menu bar.

Langkah selanjutnya adalah saatnya untuk membuat desain berdasarkan tutorial yang terdapat di situs ini maupun di youtube.

Anda bisa mengikuti tutorial tersebut sehingga menghasilkan desain yang persis sama.

Biasanya jika Anda sudah fasih menggunakan photoshop, hanya dengan melihat desain tersebut, Anda sudah bisa langsung membuat sendiri.

5. Membuat desain sendiri di photoshop

Nah, pada tahapan yang kelima adalah membuat desain maupun menipulasi sendiri.

Jika Anda adalah seorang yang kreatif, hanya dengan imajinasi Anda sendiri, Anda sudah bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

Namun jika mentok pada ide, tentunya Anda juga boleh melihat referensi-referesnsi desain orang lain di pinterest, devian art, dan lainnya.

Dengan begitu imajinasi anda bisa timbul dengan meniru dari desain tersebut, namun dengan versi yang berbeda dan terlihat menarik.

Semoga tips kali ini bemanfaat untuk Anda ya.

Leave a Comment